Bab 6 "IKLAN PAY PER CLICK (PPC)"

 
IKLAN PAY PER CLICK (PPC) 

1. Konsep Pay per Click
 

Pay per Click atau Biaya per klik dalam bahasa Indonesia merupakan sistem pengiklanan menggunakan media internet dimana pemasang iklan akan dikenai biaya ketika pengguna internet meng-klik iklan yang ditampilkan pada halaman web. Cara beriklan biaya per klik, paling sering digunakan oleh mesin pencari. 

Ada beberapa langkah jika  Anda ingin beriklan menggunakan biaya per klik yaitu. 
a. Membuat konten dari iklan yang akan ditawarkan.
b. Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan.
c. Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web.
d. Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan.
e. Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang diklik.

Ada beberapa langkah jika Anda ingin beriklan menggunakan biaya per klik yaitu. 
a. Membuat konten dari iklan yang akan ditawarkan.
b. Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan.
c. Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web.
d. Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan.
e. Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang diklik. 

Iklan Text PPC mengikuti struktur dasar yang sama yaitu:
Kepala(header)
Dua baris salinan iklan, yang dapat ditampilkan pada satu
baris
www.DisplayURL.com 
                                                                      (Tujuan URL)

Google akan hanya menampilkan satu iklan per URL tampilan.
Contoh:
Roti unyil Roti kecil, lezat, dan beragam rasa Bebas biaya antar untuk pembelian diatas Rp. 500.000,- daerah bogor. 

Ketika kalian membuat sebuah iklan teks PPC, kalian akan dibatasi dalam penggunaan karakter. Berikut adalah pedoman editorial dari Google AdWords. 
  1. Kepala(heading): maksimum 25 karakter.
  2. Line 1: maksimum 35 karakter.
  3. Baris 2: maksimum 35 karakter.
  4. URL Tampilan: maksimum 35 karakter.
  5. Tidak ada tAnda seru berulang.
  6. Tidak ada kata ditulis dalam huruf besar semua.
  7. Tidak ada kata-kata omong kosong dapat digunakana.
  8. Tidak ada klaim "terbaik", "nomor satu" atau superlatif dapat digunakan kecuali dapat diverifikasi oleh pihak ketiga.
  9. Nomor produk dapat digunakan.
Gunakan kata-kata menarik dan mengajak sehingga pengguna tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang diharapkan, misalkan: coba sekarang, mendaftar sekarang, beli sekarang. Banyak pengiklan menempatkan tawaran dalam salinan iklan, seperti diskon atau penawaran voucher, jasa seperti pengiriman gratis, belanja aman atau pengiriman cepat.Iklan

PPC Facebook dapat digunakan untuk mengarahkan lalu lintas ke aset di Facebook (sebuah halaman, event, aplikasi atau kelompok), atau dapat digunakan untuk mengarahkan lalu lintas ke eksternal website web.

Sebuah iklan Facebook terdiri dari :
  1. Judul (25 karakter maksimum), yang terkait dengan URL tujuan (atau Facebook destination).
  2. Gambar (110 x 80 piksel).
  3. Badan teks (135 karakter maksimum).
  4. konteks sosial, yang memungkinkan pemirsa untuk melihat iklan yang mereka teman-teman telah berinteraksi dengan iklan ini.
 2. Optimasi PPC 

Faktor yang membuat kalian dapat mengatahui apakah iklan dapat berjalan dengan baik atau sebaliknya.

a. Memilih Kata Kunci yang Tepat
Gambaran pada Google AdWords membuat daftar kata kunci yang tepat menggunakan jenis pencocokan berikut.

1) Luas (Broad) 

Contoh kata kunci : Mobil Cepat 
Iklan Anda dapat muncul untuk semua pencarian berikut :
  • Mobil Cepat
  • Mobil Sport Cepat
  • Internet Cepat
  • Motor  cepat
  • Masakan cepat saji
  • Mobil 1500 CC
  • Adu cpat
 2) Frase(Phrase)

Pencocokan frase, dilambangkan dengan tanda kutip pada kata kunci( "Frase match").
Contoh kata kunci : “Mobil Cepat“
Iklan Anda dapat muncul untuk semua pencarian berikut :
  • Mobil Cepat
  • Mobil Cepat Sport
  • Mobil Cepat Merah
  • Balap mobil cepat 
Tetapi tidak untuk :
  • Mobil sport cepat
  • Sport Mobil
3) Sama persis(Exact)

Sama persis, dilambangkan dengan tanda kurung siku ([sama persis]).
Contoh kata kunci : [Mobil Cepat]
Iklan Anda dapat muncul untuk semua pencarian berikut :
  • Mobil Cepat
Tetapi tidak untuk :
  • Mobil sport cepat
  • Sport Mobil
  • Mobil Cepat Sport
  • Mobil Cepat Merah
4) Negatif(Negative)

Pencocokan negatif, dilambangkan dengan menggunakan tanda dash di depan kata kunci(-negatif), berarti iklan Anda tidak akan muncul dalam pencarian menggunakan kata itu, tidak peduli apa kata-kata lain yang digunakan.
Kata Kunci : Mobil Cepat -Sport
Iklan Anda dapat muncul untuk semua pencarian berikut :
  • Mobil Cepat
Tetapi tidak untuk :
  • Mobil sport cepat
  • Sport Mobil
  • Mobil Cepat Sport
 b. Bahasa dan Lokasi Iklan
Saat beriklan, kalian dapat melakukan pemilihan lokasi/geografis dan bahasa, atau disebut geo-targeting, Penargetan ini bertujuan agar kalian tahu bahwa lalu lintas website yang kalian miliki berasal dari pengguna internet yang relevan yaitu berdasarkan lokasi dan bahasa yang mereka gunakan.

c. Perilaku dan Demografi
Kalian dapat menargetkan iklan berdasarkan beberapa hal berikut:
  1. Jenis Kelamin
  2. Lokasi
  3. Status hubungan
  4. Kelompok Umur
Anda juga dapat menargetkan berdasarkan :
  1. Suka dan kepentingan
  2. Interaksi dengan merek/produk
d. Menambah Ekstensi advert

Ekstensi Iklan menawarkan cara untuk mendapatkan informasi tambahan yang ditampilkan pada iklan PPC tanpa mempengaruhi batas iklan salinan standar. Saat ini, Google menawarkan lima ekstensi Iklan PPC teks: 

1) Perluasan Lokasi
Perluasan lokasi untuk iklan lokal memungkinkan untuk menambahkan informasi lokasi dan gambar untuk iklan. Untuk menggunakan ekstensi ini, akun AdWords dan Bisnis Lokal( www.google.com/local ) perlu dihubungkan.

2) Sitelinks Iklan
Sitelinks Iklan memungkinkan untuk menampilkan hingga empat link, masing-masing link dengan tujuan URL yang berbeda. Untuk Link teks standar dibatasi hingga 35 karakter. Dengan Sitelinks Iklan memungkinkan untuk mengarahkan pengguna ke web atau tempat yang lebih relevan.

3) Ekstensi Telepon
Perpanjangan telepon memungkinkan Anda untuk menampilkan nomor telepon lokal di garis bawah iklan yang teks stAndar.

4) Ekstensi produk
Dengan menghubungkan akun AdWords ke akun Google Merchant Center dan menyediakan feed produk, Anda dapat menyertakan gambar produk di PPC iklan bila tersedia. Hal ini sangat berguna bagi pengiklan eCommerce.

5) Penjual Ratings Ekstensi
Google akan mencoba untuk mencocokkan domain yang digunakan dalam iklan untuk meninjau web untuk menampilkan peringkat dari informasi bersama-sama dengan iklan teks. Hal ini sangat berguna jika Anda memiliki peringkat yang sangat baik.

e. Penawaran dan Peringkat

Dalam lelang GSP, setiap pengiklan akan membayar tawaran dari pengiklan di bawahnya, ditambah kenaikan stAndar (biasanya $ 0,01, jika kurs Rupiah terhadap dolar adalah Rp.10.000, maka kurang lebih Rp.100 ), untuk setiap klik pada iklan. Skor Kualitas peringkat ditentukan oleh faktor-faktor antara lain:
  1. Relevansi kata kunci untuk istilah pencarian.
  2. Relevansi salin iklan tersebut ke istilah pencarian.
  3. Relevansi halaman website arahan dengan istilah pencarian.
  4. Track Record CTR(clickthrough rates) iklan tersebut.
 f. Konversi dan Harga Klik-Tayang
Mesin pencari dalam menentukan iklan mana yang akan tampil melihat faktor-faktor lain seperti relevansi, tujuannya adalah mencoba memastikan bahwa tidak hanya yang berkantong tebal yang dapat di posisi teratas sebagai pengiklan. Mesin pencari memastikan bahwa pengguna menemukan iklan yang relevan, jika tidak maka pencari informasi akan cenderung kurang atau tidak sama sekali
mengklik iklan yang ditawarkan.
CTR sebuah iklan adalah clicks/impression . Tingkat konversi dari sebuah iklan adalah konversi / klik . Biaya per tindakan ( atau biaya per setiap konversi ) adalah total biaya kampanye/ jumlah konversi. Biaya rata-rata per klik adalah total biaya kampanye/jumlah klik. 

g. Website Tujuan

Sebuah kampanye yang lebih baik akan mengarakan pengguna ke halaman yang dituju dengan URL:

www.canon.co.uk/For_Home/Product_Finder/Cameras/Digital_SLR/EOS_450D/index.asp

Halaman arahan juga menunjukkan relevansi dengan mesin pencari, yang dapat meningkatkan angka mutu dari iklan tersebut, dan pada gilirannya menurunkan BPK kata kunci. Menambahkan halaman ke website web yang kaya kata kunci juga dapat membawa manfaat SEO(Search Engine Optimising). Kampanye PPC sering memiliki ribuan kata kunci, yang berarti bahwa ada akan banyak halaman arahan yang akan dibangun! Atau membuat halaman arahan yang dinamis.

h. Pelacak

Google AdWords menawarkan konversi tag pelacakan, yang memungkinkan Anda untuk melaporkan pada AdWords kampanye melalui konversi. Dalam rangka untuk melacak banyak jaringan lain, diperlukan, pelacakan pihak ketiga misalnya www.wordtracker.com.

3. Menyiapkan  Kampanye PPC

a) Perencanaan.
cara beriklan atau ukuti acuan 5W1H (what, when, where, who, why dan how) misalkan.
  1. Apa yang akan Anda jual.
  2. Merek apa yang harus Anda gunakan.
  3. Apa yang dilakukan pesaing untuk pemasaran online dan dimana mereka beriklan.
  4. Bagaimana konsumen mengetahui dan mencari tahu akan produk yang kita tawarkan.
  5. Apakah tujuan website yang Anda buat?
b) Anggaran
Putuskan berapa banyak anggara Anda untuk kampanye PPC atau beriklan/berpromosi.
Ketika Anda melaksanakan sebuah iklan PPC agar Anggaran Anda dapat dihemat ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu:
  1. Jangan melakukan penawaran untuk berada di posisi teratas, selama posisi iklan Anda berada di antara nomer 2 dan 4 maka iklan Anda akan tetap ditayangkan dan ada kemungkinan di klik sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. 
  2. Pengaturan waktu. Anda harus mengatur iklan Anda tampil pada waktu yang tepat dan jam yang tepat pula contoh kalau Anda menjual produk antar makan siang maka aturlah iklan Anda tampil untuk jam makan siang. 
  3. Pengaturan lokasi. Pastikan Anda mengatur lokasi sesuai dengan target yang diharapkan jika konsumen Anda dari bandung, aturlah untuk daerah bandung sebagai batasannya.
  4. Kata Kunci. Anda perlu menentukan kata kunci apa yang konsumen cenderung gunakan ketika mencari layanan yang Anda tawarkan. Seiring dengan itu , Anda perlu tahu : 
    1.  Kesalahan ejaan yang umum dan biasa terjadi saat pelanggan memasukan kata kunci
    2. Kata-kata apa yang akan menunjukkan bahwa mereka tidak mungkin untuk membeli produk dari Anda (misalkan kata seperti gratis). 
    3. Maanfaatkan tool untuk analisis kata kunci. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Semua alat-alat ini harus digunakan sebagai pedoman saja misalnya www.keyworddiscovery.com dan http://www.spyfu.com/.

     c) Memilih Platform PPC

    Google AdWords juga sebagai penargetan geografis terbaik di seluruh dunia, meskipun penargetan geografis adalah yang ditawarkan oleh Microsoft adCenter, Facebook, LinkedIn dan Youtube. Setelah Anda tentukan platform selanjutnya membuat akun dan iklan yang ingin ditawarkan ke konsumen.

    d) Melakukan pengujian, pelacakan, pengukuran iklan

    Iklan yang Anda buat harus di uji untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. Setelah proses pengujian dan iklan Anda mulai tayang, Iklan tersebut perlu dilacak dan diukur untuk mengetahui tingkat keberhasilan iklan Anda terhadap produk yang dijual.



     4. Konsep Adwords 
    Salah satu media periklanan yang disediakan oleh Google adalah Adwords. Dengan Adwords, iklan dapat tampil pada area yang telah ditentukan, anggaran dapat disesuaikan (tanpa ada kesepakatan pembelanjaan minimum), iklan dapat diukur dengan mudah dan menjangkau orang-orang dengan tepat saat mereka menelusuri apa yang ditawarkan di Internet. Dengan penawaran biaya per klik, biaya yang dikenakan hanya saat seseorang mengklik iklan yang ditawarkan. Misalnya Anda menjalankan toko roti di Bandung. Tetapkan iklan  Anda untuk tampil kepada pelanggan hanya di lokasi tersebut, dan saat seseorang yang tinggal atau berlibur ke sana menelusuri Google untuk mencari "roti khas bandung", maka iklan akan ditampilkan dan diklik untuk terhubung dengan bisnis Anda.

    a) Keuntungan beriklan dengan Google AdWords
    Beberapa hal penting yang membedakan AdWords dari jenis periklanan lainnya yaitu:

    1) Menjangkau orang-orang pada waktu yang tepat saat mereka menelusuri apa yang Anda tawarkan :
    1. Iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang yang telah menelusuri jenis produk dan layanan yang Anda tawarkan. Sehingga orang-orang tersebut lebih cenderung untuk mengambil tindakan.
    2. Kalian dapat memilih tempat iklan ditampilkan, pada website web tertentu dan area geografis (negara bagian, kota, atau bahkan RT/RW). 
    3. AdWords menjangkau 80% pengguna Internet di AS. Itu merupakan pangsa pasar yang besar. 
    2) Kontrol anggaran
    1. Dengan penawaran biaya per klik, Anda hanya dikenakan biaya saat seseorang mengklik iklan, bukan saat iklan ditampilkan. 
    2. Anda memutuskan jumlah (banyak atau sedikit) yang ingin dibelanjakan setiap bulannya dan Anda tidak akan ditagih melebihi jumlah itu. 
    3. Tidak ada komitmen pembelanjaan minimum.
    3) Lihat dengan cermat apa yang berfungsi pada iklan Anda dan kembangkan
    1. Lihat laporan mengenai kinerja iklan Anda, lihat berapa banyak pelanggan baru yang terhubung ke bisnis Anda dari iklan, tempat asal mereka, dan detail lainnya. G
    2. unakan alat AdWords untuk mengedit dan meningkatkan iklan Anda, serta meningkatkan jumlah calon pelanggan yang menghubungi bisnis Anda. 
    3. Mudah untuk memulai, mudah juga untuk menjeda atau berhenti. Tanpa ikatan. 

     b) Cara kerja AdWords

    a) Kata Kunci
    Kata kunci adalah kata atau frasa yang Anda pilih yang dapat memicu iklan Anda agar tampil di penelusuran dan website lainnya.

    b) Memilih kata kunci untuk kampanye Display Network
    Berikut ini tiga hal yang harus Anda lakukan ketika memilih kata kunci untuk kampanye Display Network.

    (a) Buat grup iklan 
    Sebelum Anda mulai memilih kata kunci untuk kampanye Display Network, pastikan bahwa grup iklan untuk setiap kampanye diatur menurut produk atau layanan yang Anda tawarkan. Sangat baik untuk memulai dengan kata kunci yang menggambarkan produk atau layanan yang Anda iklankan.Misalnya Anda membuat kampanye untuk toko roti. Saat Anda menyiapkankampanye, Anda harus memisahkan grup iklan ke dalam berbagai jenis produk yang Anda jual.




    (b) Pilih kata kunci yang akan digunakan pelanggan untuk mendeskripsikan produk atau layanan dan kata kunci yang berkaitan satu sama lain. Pedoman membuat daftar kata kunci berkualitas tinggi yaitu:
    1. Pilih kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan Anda.
    2. Buat kelompok yang terdiri atas lima sampai 20 kata kunci yang terkait erat satu sama lain dan dengan iklan dalam grup iklan tersebut. Kata kunci dengan dua atau tiga kata (frasa) cenderung berfungsi paling efektif. 
    3. Pilih kata kunci yang terkait satu sama lain. Misalnya, jika Anda menjual bunga, Anda mungkin ingin menambahkan "mawar" dan "cokelat" ke dalam daftar kata kunci Anda. Dengan demikian, kata kunci Anda dapat menampilkan iklan kepada pelanggan yang mungkin saja berminat membeli selusin tangkai mawar dan sekotak cokelat. 
    4. Pilih kata kunci yang terkait dengan website web yang dilihat pelanggan Anda. 
    5. Jika Anda memiliki merek yang kuat dan dikenal dengan baik, sertakan kata kunci bermerek.
    Contoh. Grup iklan browniesKata kunci: brownies cokelat, brownies cokelat murni, brownies kenyal, resep makanan penutup, resep brownies

    c) Tempat iklan dapat muncul
    Sebelum Anda memilih tempat menampilkan iklan, cobalah untuk berpikir seperti pelanggan. Apa yang mereka sukai? Apa kebiasaan mereka? Di mana lokasi mereka? Apa yang harus Anda ketahui tentang mereka sehingga Anda mampu menjangkau pelanggan dengan iklan Anda secara optimal?.

    a) Penempatan: Iklan di website web non-penelusuran
    Sebuah penempatan dapat berisi keseluruhan web site atau hanya sebagian dari suatu web site. Atau disebut dengan Jaringan Display.


    b) Menampilkan iklan di Google Penelusuran dan website penelusuran lainnya Bila Anda menggunakan kata kunci untuk menargetkan iklan, Anda memilih sekumpulan kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan yang ingin diiklankan. Lalu, saat orang-orang menelusur menggunakan kata atau frasa yang Anda pilih, iklan teks dapat muncul di samping, dibawah atau di atas hasil penelusuran. Misalkan:
    1. Di website penelusuran Google. 
    2. Di website penelusuran lain yang merupakan bagian dari Jaringan Penelusuran. Apabila seseorang menelusur di website penelusuran yang bermitra dengan Google untuk menampilkan iklan AdWords, seperti AOL, iklan Anda mungkin muncul di samping atau di atas hasil penelusuran atau di halaman penelusuran yang relevan lainnya.  
    3. Di penelusuran seluler. Iklan Anda dapat tampil di http://m.google.com, versi seluler Google Penelusuran. Berikut ini contoh iklan kue mangkuk di penelusuran seluler:
    4. Menampilkan iklan di website web yang dikunjungi pelanggan Anda. Anda juga dapat memilih untuk menampilkan iklan kepada orang-orang saat mereka menjelajahi web. Iklan teks, gambar, dan video dapat muncul di Google Display Network. Display Network merupakan kumpulan website web mitra dan website web Google tertentu termasuk Gmail, Blogger, dan YouTube -- yang menampilkan iklan AdWords. Jaringan ini juga meliputi website dan aplikasi seluler yang menampilkan iklan (ini disebut mitra tampilan seluler).
    5. Menampilkan iklan di perangkat mobile dan perangkat seluler Anda dapat menampilkan iklan kepada orang-orang saat mereka menelusuri atau mengunjungi website web saat dalam perjalanan:
      • Iklan teks dapat muncul saat orang-orang menelusuri Google dari perangkat seluler dan tablet mereka. 
      • Iklan teks, gambar, dan video dapat muncul di website web Google Display Network saat orang-orang mengunjungi website tersebut dari perangkat seluler kelas atas, seperti iPhone, perangkat Android, atau tablet. 
      • Iklan juga dapat muncul di aplikasi seluler, yang dianggap sebagai bagian dari Display Network Google.
    6. Menampilkan iklan kepada orang-orang di lokasi yang dipilih atau yangberbicara dengan bahasa tertentu Bila Anda memiliki iklan teks, Anda dapat memilih menampilkannya kepada pelanggan di seluruh negara, lokasi geografis tertentu, dan bahkan kepada pelanggan yang menggunakan nama lokasi dalam penelusuran mereka.
    7. Menampilkan iklan Anda kepada pemirsa tertentu  Dengan AdWords, Anda juga dapat menampilkan iklan teks, gambar, dan video di website web Display Network untuk sekelompok orang tertentu:
    • Orang yang tertarik dengan produk dan layanan yang Anda tawarkan: Anda dapat menjangkau mereka dengan menambahkan kategori minat yang relevan untuk kampanye Anda. 
    • Orang-orang yang menurut Google terkait dengan kategori demografis tertentu: Anda dapat menjangkau mereka dengan menargetkan iklan Anda menurut usia dan jenis kelamin. 
    • Orang yang sebelumnya telah mengunjungi website Anda: Anda dapat menjangkau mereka dengan membuat kampanye pemasaran ulang.  

     d) Peringkat Iklan
    Peringkat Iklan adalah Cara Google menentukan iklan mana yang muncul dalam posisiseperti apa, Jika beberapa pengiklan menggunakan kata kunci yang sama untuk memicuiklan mereka atau ingin iklan mereka tampil pada website yang sama. Bagaimana Googlemenentukan? iklan mana yang akan muncul dan dalam urutan seperti apa? Ini dilakukansecara otomatis, berdasarkan Peringkat Iklan.
  1. Penempatan "teratas" (bagian atas laman): Semua iklan berperingkat tinggi berhak tampil di posisi teratas, asalkan iklan melampaui ambang tawaran biaya per klik (BPK) dan Angka  Mutu. Maksimal tiga iklan dapat tampil di posisi teratas setiap laman. 
  2. Penempatan "Lain" (bagian samping atau bawah laman): Bagian samping atau bawah laman hasil penelusuran dicatat sebagai "Lainnya" di statistik AdWords, dan dapat ditempati hingga delapan iklan. Iklan yang sebelumnya tidak pernah muncul pada penempatan samping atau bawah biasanya layak muncul di bagian samping atau bawah. Misalnya, jika iklan muncul di sisi Laman 1, iklan biasanya tidak akan muncul di sisi Laman 2 atau berikutnya.

 e) Penawaran dan Angka Mutu
Untuk iklan bertarget penempatan di Google Display Network yang menggunakan Penawaran biaya per seribu tayangan (BPS), Angka Mutu Anda didasarkan pada kualitas laman lAndas. Ada sejumlah variasi, tetapi tema umumnya tetap sama.Iklan yang relevan cenderung menghasilkan klik lebih banyak, muncul pada posisi lebih tinggi, dan paling berhasil.

1. Cara  menghitung Angka Mutu 

Setiap kali seseorang melakukan penelusuran yang memicu iklan Anda, Google menghitung Angka Mutu. Untuk menghitung Angka Mutu ini, Google memperhatikan berbagai hal yang terkait dengan akun Anda. Dengan meningkatkan faktor-faktor berikut, Anda dapat membantu meningkatkan Angka mutu Anda.
  • Rasio klik-tayang (RKT) yang diharapkan dari kata kunci Anda: RKT yang diharapkanidasarkan sebagian pada RKT sebelumnya dari kata kunci tersebut, atau seberapa sering kata kunci tersebut menghasilkan klik pada iklan Anda. 
  • RKT URL tayangan Anda sebelumnya: Seberapa sering Anda menerima klik dengan URL tayangan 
  • Riwayat akun Anda: RKT keseluruhan dari semua iklan dan kata kunci di akun Anda 
  • Mutu laman lAndas Anda: Seberapa laman Anda relevan, transparan, dan mudah untuk dijelajahi 
  • Kata kunci/relevansi iklan Anda: Seberapa relevan kata kunci dengan iklan Anda 
  • Kata kunci/relevansi penelusuran: Seberapa relevan kata kunci dengan apa yang ditelusuri pelanggan 
  • Kinerja geografis: Seberapa berhasil akun Anda di wilayah yang Anda targetkan 
  • Kinerja iklan Anda di suatu website: Seberapa baik kinerja iklan Anda diwebsite ini dan website serupa (jika Anda menargetkan Display Networ) 
  • Perangkat yang ditargetkan: Seberapa baik kinerja iklan Anda pada berbagai jenis perangkat, seperti desktop/laptop, perangkat seluler, dan tablet – Anda mendapatkan Angka Mutu yang berbeda untuk masing-masing jenis perangkat
2. Cara Angka Mutu memengaruhi Anda 

Angka Mutu digunakan dalam beberapa cara dan dapat memengaruhi hal-hal berikut ini di akun Anda. 
  1. Kelayakan lelang iklan: Angka Mutu yang lebih tinggi membuat lebih mudah dan murah bagi kata kunci untuk memasuki lelang iklan.
  2. Biaya per klik (BPK) aktual kata kunci Anda: Angka Mutu yang lebih tinggimenghasilkan BPK yang lebih rendah. Hal itu berarti Anda membayar lebih sedikit untuk setiap klik bila kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi. 
  3. Taksiran tawaran laman pertama kata kunci Anda: Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan taksiran tawaran laman pertama yang lebih rendah. Hal itu berarti iklan Anda semakin mudah untuk tampil di laman pertama hasil penelusuran bila kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi. 
  4. Taksiran tawaran laman bagian atas kata kunci Anda: Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan taksiran tawaran laman bagian atas yang lebih rendah. Hal itu berarti iklan Anda semakin mudah untuk tampil pada bagian atas laman bila kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi. 
  5. Posisi iklan: Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan posisi iklan yang lebih tinggi. Itu artinya iklan Anda dapat tampil lebih tinggi di laman bila kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi. 
  6. Kelayakan untuk ekstensi iklan dan format iklan lainnya: Beberapa format iklan membutuhkan Angka Mutu minimum untuk tampil. Selain itu, Peringkat Iklan menentukan layak tidaknya iklan Anda ditampilkan bersama ekstensi iklan dan format iklan lainnya, seperti tautan website. Karena Peringkat Iklan adalah fungsi dari Angka Mutu Anda, Angka Mutu yang lebih tinggi dapat meningkatkan kemungkinan iklan Anda ditampilkan dengan ekstensi dan format lainnya.
3) Cara pembayaran AdWords

Cara pembayaran AdWords memiliki banyak pilihan yang tersedia diantaranya:

  1. Pembayaran otomatis yaitu membayar setelah iklan berjalan Bila lampu di rumah Anda pernah mati karena lupa membayar tagihan listrik, setelan ini cocok untuk Anda. Dengan pembayaran otomatis, Anda menyiapkan bentuk pembayaran di akun dan biaya akan dibayarkan secara otomatis. Ini membantu memastikan bahwa iklan Anda selalu berjalan meskipun listrik Anda mati. Cara kerjanya Anda hanya ditagih setelah Anda dikenai biaya iklan. Dan Anda akan ditagih dalam satu dari dua skenario: 30 hari setelah pembayaran terakhir Anda, atau setiap kali biaya Anda mencapai ambang penagihan (jumlah yang ditetapkan yang memicu tagihan).
  2. Pembayaran manual yaitu membayar sebelum iklan berjalan Bila Anda ingin membayar iklan sebelum iklan berjalan dan memiliki anggaran biaya yang tidak pasti, setelan ini mungkin cocok untuk Anda. Dengan setelan pembayaran manual, Anda melakukan pembayaran dengan jumlah dan waktu sesuai keinginan Anda. Namun, bila Anda adalah tipe orang yang lupa melakukan pembayaran sekarang dan nanti -- dan siapa yang tidak? -- setelan ini mungkin bukan yang terbaik untuk Anda. Itu karena iklan Anda akan berhenti berjalan bila tidak ada lagi uang yang tersisa di akun Anda. Cara kerjanya, Anda melakukan pembayaran ke akun AdWords sebelum iklan berjalan. Lalu saat iklan berjalan, biaya iklan dipotong dari pembayaran yang Anda lakukan. Google dapat memberi tahu Anda melalui email (jika Anda memintanya) bila saldo akun mulai menipis dan Anda dapat melakukan pembayaran berikutnya kapan pun Anda mau. 
  3. Faktur bulanan yaitu membayar menggunakan batas kredit seperti pembayaran kartu kredit Faktur bulanan merupakan setelan pembayaran yang digunakan Google untuk menambah batas kredit untuk Anda atas biaya iklan dan Anda menerima faktur setiap bulan yang Anda bayar dengan cek atau transfer kawat. Anda melakukan pembayaran sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang Anda setujui saat mendaftar ke faktur bulanan. Anda dapat  mengajukan permohonan untuk menggunakan faktur bulanan bila bisnis Anda memenuhi persyaratan tertentu. Persyaratan tersebut mencakup, namun tidak terbatas pada:
  • Terdaftar sebagai bisnis selama minimum satu tahun
  •  Pembelanjaan minimum $5.000 per bulan (jumlah ini dapat bervariasi disetiap negara)
 

4) Cara biaya dihitung di AdWords 
Untuk menempatkan iklan dalam lelang ini, Anda harus terlebih dulu memutuskan untuk jenis tindakan pelanggan apa Anda akan membayar. Misalnya, Anda mungkin memilih untuk membayar atas tindakan berikut:

A. Frekuensi iklan Anda ditayangkan.
Ini dikenal sebagai tawaran biaya per seribu tayangan atau BPS. Google menyarankan metode penawaran BPS jika Anda ingin meningkatkan kesadaran akan merek Anda. Perhatikan bahwa penawaran BPS tersedia hanya untuk kampanye Display Network.

B. Setiap kali salah satu iklan Anda menerima klik.
Ini dikenal sebagai tawaran biaya per klik atau BPK. Google menyarankan metode penawaran BPK jika Anda ingin mendorong lalu lintas ke website web Anda

C. Setiap kali orang-orang melakukan tindakan tertentu di website web
Anda setelah mengeklik salah satu iklan Anda. Ini dikenal sebagai tawaran biaya per akuisisi atau BPA. Google menyarankan metode penawaran BPA bagi pengiklan AdWords musiman yang tertarik
dengan konversi, seperti pembelian atau pendaftaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar